2021-03-29

Identifikadi dan Karakterisasi Tanaman Jahe

BPTP KALIMANTAN TIMUR
...

Jahe, adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Di Desa Jonggon Jaya, Kec. Jonggon, Kab. Kutai Kartanegara adalah salah satu wilayah penghasil jahe di Kalimantan Timur.

Identifikasi dan karakterisasi tanaman jahe ini dilaksanakan oleh tim SDG Balitbangtan Kaltim didampingi oleh Kabid dan Kasi Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kutai Kartanegara bersama Penyuluh Pertanian Lapang dan Petani Jahe. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data sifat atau karakter morfologi agronomis (deskripsi morfologi dasar) yang selanjutnya akan didaftarkan sebagai varietas jahe lokal spesifik Jonggon.

Karateristik morfologi tanaman jahe dapat dilihat berdasarkan ciri vegetatif maupun ciri generatifnya yang berguna untuk mendapatkan deskripsi dan klasifikasi tanaman jahe sehingga dapat mempermudah dalam menentukan varietas tanaman jahe tersebut.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : -
http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=1335:identifikadi-dan-karakterisasi-tanaman-jahe-zingiber-officinale&catid=4:info-aktual&Itemid=5